Selasa, 21 Februari 2012

Pemuda Belum Pantas Jadi Pemimpin?

Pemuda sangat diharapkan mampu mengambil alih kepemimpinan negara saat ini. Namun, harapan itu masih jauh. Berdasarkan rilis metrotvnews.com, kesimpulan dari hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (Lingkaran SI) yang dipubliskasikan di Jakarta, Ahad (30/10) sore, menyatakan bahwa Pemimpin muda masih jauh untuk diharapkan.
Hal ini tergambar dari tak ada kekuatan kepemimpinan dan kekuatan finansial yang mampu mendorong pemimpin muda. Selain itu, menurut peneliti Lingkaran SI Adjie Alfaraby, politisi-politisi muda dinilai belum mampu melakukan lobi dalam mendukung karir politiknya. Selain itu, mekanisme internal partai politik juga menjadi kendala munculnya tokoh muda untuk menjadi calon presiden.
Hal ini dapat kita lihat dari hasil beberapa survey yang mengedepankan para pemimpin tua. Bahkan Dahlan Iskan yang sudah lemah juga dijadikan kandidat capres. Para pemimpin muda belum dijadikan perhitungan untuk memimpin negara. Parahnya nama Ani Yudhoyono pun muncul sebagai kandidat Partai Demokrat.
Keraguan publik terhadap pemimpin muda juga diakibatkan belum terujinya integritas mereka. Bahkan terkesan para pemimpin muda hanya menjadi bemper dalam partai politik. Parahnya beberapa pemimpin muda di partai malah terjebak dalam kasus korupsi. Oleh karena itu, saya memprediksi pada 2014 tidak akan ada calon pemimpin muda.
Pemuda harus terus memperbaiki dirinya di tengah sistem politik pragmatis dan demokrasi kapital. Segala sesuatu harus dimulai dengan uang. Pemuda harus membuat terobosan dengan pendekatan tanpa uang. Pendekatan yang langsung menyentuh rakyat kecil. Para pemuda harus membuktikan bahwa dirinya bukan hanya sekedar pengekor di partai politik.
Saya berharap juga, suatu saat nanti berdiri partai pemuda. Dimana para kadernya adalah pemuda dan pemudi. Bergerak dalam sebuah kegerakan alternatif untuk melawan dominasi para tua-tua. Memang bukanlah hal yang mudah. Tetapi itulah yang dilakukan para pemuda yang menghasilkan gerakan kebangkitan bangsa dan juga sumpah pemuda.
Masihkah pemuda bisa diharapkan? Saya yakin masih bisa. Bagaimana dengan anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar